Rabu, 09 Agustus 2017

(2) rpp qurban dan Aqiqah



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah          : MTs. Islamic Centre     
Mata pelajaran             : Fiqih
Kelas / Semester         : IX/ 1
Materi Pokok              : Qurban
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit ( 1 Kali pertemuan )

A.    Kompetensi Inti
KI-1.       Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 
KI-3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 
KI-4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.2  Meyakini perintah berqurban.
1.Mengetahui perintah berqurban
2.
2.2  Membiasakan sikap dermawan sebagai implementasi dari pemahaman tentang qurban.
2.Memiliki sikap dermawan sebagai implementasi dari pemahaman tentang qurban
3.
3.2  Memahami ketentuan qurban.
1.Menjelaskan pengertian qurban dan dalilnya.
2.Menjelaskan syarat-syarat binatang yang dapat dipakai untuk qurban
3.Menjelaskan hal yang disunatkan dalam qurban
4.Menjelaskan waktu pelaksanaan qurban
4.
4.2  Menyajikan contoh tata cara pelaksanaan qurban.
1.Menceritakan kegiatan qurban yang dilaksanakan dilingkungannya


C.    Tujuan Pembelajaran
1      Siswa dapat menjelaskan pengertian qurban dan dalilnya
2      Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat binatang yang dapat dipakai untuk qurban
3      Siswa dapat menjelaskan hal yang disunatkan dalam qurban
4      Siswa dapat menjelaskan waktu pelaksanaan qurban

D.    Materi Pembelajaran
Qurban
1.    Qurban adalah menyembelih binatang ternak (unta,sapi atau kambing) sebagai wujud pengorbanan kepada Allah SWT.
2.    Hukumnya wajib bagi Nabi Muhammad saw.  Dan sunnah muakkad bagi setiap muslim yang mampu.
3.    Waktu pelaksanaannya adalah tanggal 10 Dzulhijjah (Hari Raya Idul Adha) atau pada hari Tasyrik,yaitu tanggal 11, 12 dan13 Dzulhijjah.
4.    Pembagian daging qurban yaitu :
a.       1/3 dari daging qurban untuk yang berqurban dan keluarganya
b.      1/3 dari daging qurban untuk disedekahkan kepada fakir miskin
c.       1/3 dari daging qurban disimpan dan untuk disedekahkan kepada orang yang dating kemudian atau orang yang membutuhkannya
5.    Hewan kambing berlaku untuk satu orang, sedangkan sapi, kerbau dan unta berlaku untuk tujuh orang

E.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                 : Saintifik
2.      Metode                        : Information Search

F.     Kegiatan Pembelajaran

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
Ø Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama, dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran.
10  Menit
2.
Kegiatan inti
·      Mengamati
Ø  Peserta didik membaca ayat Al-Qur’an yang telah ditentukan guru atau yang ada di buku bersama-sama secara tartil.
Ø  Peserta didik membaca materi dan mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian kurban.
Ø  Peserta didik mengamati berbagai dalil yang menunjukkan perintah untuk berkurban.
Ø  Guru mengajak peserta didik mengamati praktik kurban melalui media proyektor.
Ø  Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi sesuai dengan pokok bahasan.

·      Menanya
Peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan materi, seperti:
Ø  Apa yang dimaksud dengan qurban?
Ø  Bagaimana ketentuan dan tata cara melakukan qurban?
Ø  Apa kaitan sikap dermawan dengan qurban?

·      Mengumpulkan Informasi
Ø  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai pengertian qurban.
Ø  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai dalil tentang perintah untuk berqurban.
Ø  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai tata cara atau ketentuan melakukan qurban.
Ø  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru bahwa sikap dermawan merupakan implementasi dari qurban.

·      Menalar/Mengasosiasi
Ø  Peserta didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan  qurban.

Ø  Peserta didik mencari berbagai dalil dalam Al-Qur’an yang menunjukkan perintah untuk berqurban.
Ø  Peserta didik mengidentifikasi tata cara dan ketentuan pelaksanaan qurban.
Ø  Peserta didik menganalisis implementasi dari tindakan berqurban bagi seseorang dalam kehidupan sehari-harinya.

·      Mengomunikasikan
Ø  Berdasarkan berbagai referensi tambahan yang dibaca, peserta didik menjelaskan pengertian dan ketentuan pelaksanaan qurban.
Ø   Peserta didik membacakan dalil tentang qurban yang telah ditemukannya.
Ø  Peserta didik menjelaskan implementasi sikap dalam kehidupan sehari-hari dari orang yang melakukan qurban karena Allah.
Ø  Peserta didik memeragakan tata cara pelaksanaan qurban
60 menit
3.
Penutup
Ø  Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
Ø  Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
Ø  Guru menyampaikan informasi tentang topik pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.
Ø  Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
10 Menit

G.    Alat dan Sumber Belajar
1.   Alat
a. Proyektor
2.   Sumber Belajar
                         a . T.Ibrahim dan H.Darsono, Penerapan Fikih jilid 3 kelas IX madrasah Tsanawiyah, Solo: PT.Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009
                        b . Ahmad Junaidi M., S.Pd.I, Pendamping Siswa An Najah,CV. Gema Nusa
                         c .Multimedia interaktif dan Internet






H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
1.          Siswa dapat  menjelaskan pengertian Qurban dan dalilnya.
2.          Siswa dapat  menjelaskan syarat-syarat binatang yang dapat dipakai untuk Qurban
3.          Siswa dapat  menjelaskan hal yang disunatkan dalam qurban
4.          Siswa dapat  menjelaskan waktu pelaksanaan qurban
Tes lisan



Tes lisan



Tes lisan



Tes lisan
Jelaskan pengertian Qurban dan dalilnya!

Jelaskan syarat-syarat binatang yang dapat dipakai untuk Qurban!

Jelaskan hal yang disunatkan dalam qurban!

Kapan waktu pelaksanaan qurban?





         Sorong,   Juli 2017
       Kepala MTsN Model Sorong,                                        Guru Mata Pelajaran,




       Drs. H. Arafai, M. Pd.I.                                                   Dra. Ica Siti Aisahi
              NIP.196409111997031001                                               NIP. 197103101997032001







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       : MTs Negeri Model Sorong
Mata Pelajaran           : Fiqih
Kelas/ semester          : IX /1
Materi Pokok              : Aqiqah
Alokasi Waktu            :  2 x 40 menit ( 2 kali pertemuan)

A. Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan.
3.      Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
3.7 Menjelaskan tata cara pelaksanaan qurban dan aqiqah serta hikmahnya
       3.7.1 Menjelaskan pengertian aqiqah
       3.7.2 Menjelaskan hukum dan syariat aqiqah
       3.7.3 Mengidentifikasi jenis dan syarat hewan aqiqah
       3.7.4 Menjelaskan waktu pelaksanaan penyembelihan hewan aqiqah
       3.7.5 Menjelaskan hikmah aqiqah



C.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu menjelaskan pengertian tentang aqiqah.
2.      Mengetahui hukum dan syariat aqiqah dengan baik.
3.      Dapat menjelaskan jenis dan syarat hewan aqiqah dengan benar.
4.      Dapat menjelaskan waktu pelaksanaan aqiqah.
5.      Dapat mempraktekkan tata cara pelaksanaan aqiqah.
6.      Dapat menjelaskan hikmah aqiqah.

D.  Materi Pembelajaran
AQIQAH
1.      Pengertian Aqiqah
            Aqiqah secara bahasa artinya memutus. Kalaimat ‘aqqa waalidaihi, artinya memutus (tali silaturrahmi) dengan kedua orang tuanya. Adapun secara istilah aqiqah adalah menyembelih kambing pada hari ke tujuh (dari kelahiran seorang bayi) sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas kelahiran seorang anak.
            Sementara itu, menurut Imam Jauhari aqiqah adalah menyembelih hewan pada hari ketujuh dan mencukur rambut bayi. Sependapat dengan definisi Imam Jauhari ini, Ibnu Qayyim berkata, “Dari penjelasan (definisi Imam Jauhari) ini dijelaskan bahwa aqiqah itu disebut demikian karena mengandung dua unsur (menyembelih hewan dan mencukur rambut bayi) dan itu lebih utama’’. Sejak awal patut ditegaskan bahwa aqiqah merupakan salah satu hal yang sangat ditekankan dalam agama Islam.
2.      Hukum dan Syariat Aqiqah
a. Hukum Aqiqah
Aqiqah hukumnya sunah bagi orang tua atau orang yang mempunyai kewajiban menanggung nafkah hidup si anak. Aqiqah menurut sebagian besar ulama hukumnya sunah bagi orang mampu yang baru melahirkan anaknya. Dalam hadis disebutkan :
Artinya: Dari Samurah r.a bahwasanya Rasulullah SAW bersabda "Tiap-tiap anak itu tergadai dengan akikahnya yang disembelih baginya pada hari ketujuh, dicukur rambutnya dan diberi nama. "(HR At Tirmidzi : 1442; Ibnu Majah : 3156)
Mengenai hukum aqiqah para ulama berpendapat bahwa hukumnya adalah sunnah. Hal tersebut sesuai dengan pandangan mayoritas ulama, seperti Imam Syafi’i, Imam Ahmad, dan Imam Malik. Akan tetapi, menurut Sayyid Sabiq, pengarang Fiqhus Sunnah, mengkategorikannya sebagai sunnah mu’akkadah. Ini artinya, bagi orang tua yang dikaruniai bayi ditekankan untuk melaksanakan aqiqah, meskipun ia dalam kondisi yang sempit. Hal itu didasarkan pada pandangan bahwa Nabi saw dan para sahabatnya juga melaksankannya.
Hukum melaksanakan aqiqah adalah sunat muakkad. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi : “Barang siapa diantara kamu ingin beribadah tentang anaknya hendaklah melaksanakan aqiqah untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang setara dan untuk anak perempuan seekor ( HR. Ahmad, Abu Dawud, Nasa’i ).
b. Syariat Aqiqah
Disyariatkan aqiqah lebih merupakan perwujudan dari rasa syukur akan kehadiran seorang anak. Sejauh ini dapat ditelusuri, bahwa yang pertama dilaksanakan aqiqah adalah dua orang saudara kembar, cucu Nabi Muhammad saw. dari perkawinan Fatimah dengan Ali bin Abi Thalib, yang bernama Hasan dan Husein. Peristiwa ini terekam dalam hadits di bawah ini,
Artinya: “Dari Ibnu Abbas ra., sesungguhnya Nabi saw. beraqiqah untuk Hasan dan Husein, masing-masing seekor kambing kibas.”(HR. Abu Dawud)
3.      Jenis dan Syarat Hewan Aqiqah
Aqiqah untuk anak laki-laki dua ekor dan untuk anak perempuan seekor. Adapun binatang yang dipotong untuk aqiqah, syarat-syaratnya sama seperti binatang yang dipotong untuk qurban. Kalau pada daging qurban disunatkan menyedekahkan sebelum dimasak, sedangkan daging aqiqah sesudah dimasak. Rasulullah SAW bersabda :
 Artinya : Aisyah ia berkata : Rasulullah SAW telah menyuruh kepada kita mem-embelih aqiqah untuk anak laki-laki 2 ekor kambing dan untuk perempuan seekor kambing. "(HR Tirmidzi)(HR Ibnu Majah :3154).
Syarat hewan untuk aqiqah sama dengan syarat hewan untuk qurban. Diantara syarat-syarat hewan untuk aqiqah adalah sebagai berikut:
1.      Gemuk
2.      Tidak pincang
3.      Tidak buta
4.      Tidak rusak telinganya
5.      Tidak sakit
6.      Telah cukup umur
Ketentuan umur kambing yang disembelih untuk aqiqah adalah kambing berumur satu tahun atau domba berumur satu tahun.
4.      Waktu Penyembelihan Hewan Aqiqah
Penyembelihan Aqikah dilaksanakan pada hari ketujuh atau keempat belas atau keduapuluh satu dari kelahiran anak. Hal ini dijelaskan Rasulullah SAW dalam sabdanya: :            
Artinya: Aqiqah disembelih pada hari ke tujuh, keempat belas, atau keduapuluh satu(dari lahirnya anak). (HR Al Baihaqi)
            Namun demikian yang paling afdhal (utama) aqikah dilaksanakan pada hari ketujuh dari kelahiran anak. Imam Malik berkata : Pada lahirnya, penetapan hari ketujuh itu hanya bersifat anjuran. Sekiranya menyembelihnya pada hari keempat, kedelapan atau kesepuluh atau setelahnya, aqiqah itu telah cukup. Artinya, jika seorang bapak merasa mampu menyembelih aqiqah pada hari ketujuh, maka hal itu lebih utama, sesuai dengan perbuatan Nabi Saw. Namun jika hal itu terasa menyulitkan, maka diperbolehkan untuk melaksanakannya pada hari berapa saja sebagaimana pendapat Imam Malik.
5.      Hikmah Aqiqah
Berbagai peribadahan dalam Islam tidak terlepas dari hikmah-hikmah yang terkandung di dalamnya. Hal itu merupakan misi Islam sebagai agama Rahmatan li al-alamin. Aqiqah merupakan satu bentuk peribadahan mempunyai hikmah sebagai berikut:
a.       Merupakan wujud rasa syukur kepada Allah Swt. atas segala rahmat dan karunia yang telah dilimpahkan pada dirinya.
b.      Menambah rasa cinta anak kepada orang tua, karena anak merasa telah diperhatikan dan disyukuri kehadirannya di dunia ini, dan bagi orang tua merupakan bukti keimanannya kepada Allah Swt.
c.       Mewujudkan hubungan yang baik dengan tetangga (mempererat tali persaudaraan) dan sanak saudara yang ikut merasakan gembira dengan lahirnya seorang anak karena mereka mendapat bagian dari aqiqah tersebut.
d.      Menunjukkan rasa tanggung jawab atas amanah yang diberikan Allah.
e.       Menumbuhkan sikap kepedulian social terhadap fakir miskin.         
f.       Secara batiniah mengajar kepada anak untuk mendekatkan diri kepada Allah sejak dini.
E.  Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Penugasan
4.    Tanya Jawab
F.   Media Pembelajaran
1.      LCD
2.      Gambar / Video
G. Sumber Belajar
1.      Buku Paket PAI kelas X SMA
2.      Al-Qur’an dan Terjemahan
3.      LKS

H.  Langkah-Langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1.      Memberi salam pembuka.
2.      Ketua kelas memimpin doa bersama sebelum pelajaran dimulai.
3.      Guru menanyakan kabar dan mengisi lembar kehadiran siswa.

10 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
·      Guru menampilkan gambar / video tentang hewan aqiqah
·      Siswa menyaksikan gambar / video hewan aqiqah dan mengomentarinya
b.   Menanya
·      Melalui gambar / video, guru menayakan mengenaiaqiqah
·      Guru menunjuk  kepada salah satu peserta didik untuk menjelaskan  mengenai hewan aqiqah
c.    Mengeksperimen/Mengexplorasi
·      Siswa mencari perbedaan tentang qurban dan aqiqah
·      Siswa mencari hikmah aqiqah
d.   Asosiasi
·         Siswa dapat membedakan ketentuan qurban dan aqiqah
e.    Komunikasi.
·         Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

60 menit
3.
Penutup
1.    Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan  yang telah dilaksanakan.
2.    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
3.    Ketua kelas memimpin untuk berdoa
4.    Salam penutup.

10 menit










I.     Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
v  Menyebutkan pengertian tentang aqiqah
v  Menunjukkan jenis dan syarat hewan aqiqah
v  Menunjukkan syarat hewan aqiqah
v  Mengidentifikasi jenis hewan aqiqah
v  Menyebutkan hikmah aqiqah
Tes Tulis
Uraian
v  Jelaskan secara singkat pengertian tentang aqiqah!
v  Sebutkan jenis dan syarat hewan aqiqah!
v  Sebutkan hikmah yang didapat dari aqiqah

Diskusi :
·         Diskusikan dengan teman kelompok, Carilah perbedaan antara qurban dan aqiqah!
Tugas :
·         Tanyakan kepada pemuka agama di daerah tempat tinggalmu bagaimana jika beraqiqah selain menggunakan kambing ( sapi, kerbau atau unta ) ?





                                                                                                      
                                                                            Sorong,   Juli 2017
       Kepala MTsN Model Sorong,                                        Guru Mata Pelajaran,




       Drs. H. Arafai, M. Pd.I.                                                   Dra. Ica Siti Aisahi
              NIP.196409111997031001                                                NIP. 197103101997032001




Tidak ada komentar:

Posting Komentar