Rabu, 09 Agustus 2017

(3) rpp jual beli



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan              : MTS Negeri Model Sorong
Mata Pelajaran                    : Fiqih
Kelas/semester                    : XI/Ganjil
Topik                                   : Praktik Muamalah
Materi Pokok                      : Jual Beli Qirad dan Riba
Sub Materi Pokok               : Qirad
Alokasi Waktu                    : 4 x 40 “
Jumlah Pertemuan              :  Kali Pertemuan

A.      KOMPETENSI INTI
1.      Kompetensi Inti (KI 1):
Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya
2.      Kompetensi Inti (KI 2):
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Kompetensi Inti (KI 3):
Memahamidanmenerapkanpengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata
4.      Kompetensi Inti (KI 4):
Mengolah,menyajidan menalar dalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori

B.       KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1.1 Menghayati ketentuan jual beli dan qiradl

2.1 Mengamalkan ketentuan jual beli dan qiradh
3.1 Memahami ketentuan jual beli
3.1.1 Menjelaskan pengertian jual beli
3.1.2 Menunjukkan hukum jual beli
3.1.3 Menklasifikasikan syarat dan rukun
3.1.4 Membedakan macam-macam jual beli
3.1.5. Menyimpulkan konsep jual beli modern menurut Islam
4.1Mempraktikan pelaksanaan jual beli
4.1.1 Memperagakan macam-macam jual beli

C.       TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    setelahpembelajaran melalui diskusi peserta didik dapat memahami
 ketentuan jual beli yang syah menurut Islam
2.    setelah pembelajaran melalui peragaan peserta didik dapat melaksanakan jual beli yang syah menurut Islam
3.    setelah pembelajaran melalui discovery learning peserta didik dapat menyimpulkan fenomena jual beli di masyarakat yang syah menurut Islam

D.      MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pengertian Jual Beli
Jual beli ( الْبَيْعُ ) menurut bahasa artinya memberikan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu atau tukar menukar sesuatu. Sedangkan menurut istilah berarti tukar menukar barang dengan uang atau barang dengan barang lain disertai ijab, qabul dengan syarat dan rukun tertentu.
2.      Hukum Jual Beli
Hukum jual beli pada dasarnya adalah halal atau boleh, artinya setiap orang Islam dalam mencari nafkah atau rezeki boleh dengan cara jual beli, berdagang atau boleh dengan cara yang lain yang penting dengan cara yang halal dan baik. Adapun dasar disyariatkannya jual beli sebagai berikut:
  Al-Quran, diantaranya:
وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا
Artinya: “padahal Allah telah menghalalkan jual-beli dan mengharamkan riba”. (QS.Al-Baqarah: 275).

3.      Rukun dan Syarat Jual Beli
Rukun jual beli terdiri atas lima macam yaitu sebagai berikut:
a.    Penjual dan Pembeli
Syarat penjual dan pembeli
Jual beli dianggap sah apabila penjual dan pembeli memenuhi syarat sebagai berikut:
1)   Kedua belah pihak harus sedah baligh, maksudnya baik penjual atau pembeli sudah dewasa
2)    Keduany berakal sehat, orang yang gila dan orang yang bodoh yang tidak mengtahui hitungan tidak sah mengadakan perjanjian jual beli
Bukan pemboros, maksudnya orang tersebut tidak suka memubadzirkan barang.
3)   Suka sama suka, yakni atas kehendak sendiri, atas kemauannya sendiri tanpa ada paksaan dari orang lain:
Rasulullah saw. bersabda:
قاَلَ النَّبِيُّ ص.م. اِنَّمَا الْبَيْعُ عَنْ تَرَاضٍ (رواه ابن حبان وابن ماجه)
Artinya: “Nabi saw. bersabda: sesungguhnya jual beli itu sah, apabila dilakukan atas dasar suka sama suka” (HR.Ibnu Hibban dan Ibnu Majjah) 

b.    Barang yang diperjualbelikan
Syarat barang yang diperjualbelikan
Adapun barang-barang yang diperjualbelikan harus memenuhi syarat-syarat sebagaiberikut.
1)        Suci yaitu barang yang tidak suci atau barang najis seperti khomer, babi, bangkai kotoran, dan sejenisnya tidak sah untuk diperjualbelikan dan hukumnya haram.
2)        Bermanfaat yaitu semua barang yang tidak ada manfaatnya bagi kehidupan manusia tidak sah untuk diperjualbelikan, seperti jual beli nyamuk, lalat, kecoa dan sebagainya.
3)        Milik sendiri, yaitu barang-barang yang bukan milik sendiri seperti barang pinjaman, barang sewaan, barang titipan tidak sah untuk diperjualbelikan.
4)        Barang yang dijual dapat dikuasai oleh pembeli. Oleh karena itu tidak sah jual beli ayam yang belum ditangkap atau jual beli barang merpati yang masih keliaran, dan jual beli ikan yang masih dalam kolam dan sebagainya.
Hadits Nabi saw:

قاَلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لاَتَشْتَرُوْاالسَّمَكَ فيِ الْمَاءِ فَاِنَّه غَرَرٌ (رواه احمد)

Artinya: “ Rasulullah saw. bersabda: Janganlah kamu sekalian membeli ikan yang masih dalam air, karena sesungguhnya hal itu adalah mengandung gharar (tipu muslihat, belum jelas)”. (HR.Ahmad)
5)        Jelas dan dapat dilihat atau diketahui oleh kedua belah pihak. Penjual harus memperlihatkan barang yang akan dijual kepada pembeli secara jelas, baik ukuran dan timbangannya, jenis, sifat maupun harganya.




Hadits Nabi Saw:
نَهَى النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الحِصَاةِ وَعَنْ بَيْعِ الْغَرَر(رواه مسلم)
Artinya : “Rasulullah saw. telah melarang tentang jual beli lempar melempar (mengundi nasib) dan jual beli yang gharar (tipu muslihat, masih samar atau belum jelas)”, (HR.Muslim) 

c.       Alat untuk tukar menukar barang
Alat tukar menukar haruslah alat yang bernilai dan diakui secara umum penggunannya.

d.      Ijab dan qabul
Ijab dilakukan oleh pihak penjual barang dan qabul dilakukan oleh pembeli barang. Ijab qabul dapat dilakukan dengan kata-kata penyerahan dan penerimaan atau dapat juga berbentuk tulisan seperti faktur, kuitansi atau nota dan lain sebagainya.


4.        METODE PEMBELAJARAN
Discovery learning, Demonstrasi

5.        MEDIA, ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
1.  Media:Gambar jualbeli,LCD
2.    Alat/Bahan: kertas kerjaLembarobservasi
3.    Sumber Pembelajaran: Buku fiqih siswa, Fiqih sunnah

6.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 (pertama)
a.    Appersepsi
- Mengucap salam dan menyapa siswa mengajak siswa berdoa
- menjelaskan tujuan dan manfaat pembelajaran

b.  Kegiatan Inti (10 menit)

Mengamati
Peserta didik mengamati gambar tentang kegiatan jual beli

Menanya
Melalui stimulus guru, peserta didik memberikan tanggapan terhadap gambar kegiatan jual beli

     Mengexplorasi
Peserta didik melalui kelompoknya, berdiskusi tentang ketentuan jual beli

Mengasosiasi
Masing-masing kelompok mengklasifikasi macam-macam jual beli beserta contohnya
Mengkomunikasi
Secara bergantian, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya sementara kelompok yang lain menanggapi
c. Penutup
- meminta salah seorang siswa membuat kesimpulan pertemuan hari itu
- guru memberi tugas untuk mengamati kegiatan jual beli di masyarakat
     dan mencatatnya dalam bentuk laporan untuk pertemuan
1.      Pertemuankedua

Pendahuluan
a.       Appersepsi
-     Mengucap salam dan menyapa siswa mengajak siswa berdoa
-     menjelaskan tujuan dan manfaat pembelajaran
b.      Kegiataninti
Mengamati
Peserta didik menelaah hasil pengamatan tentang kegiatan jual beli di pasar
Menanya
Melalui stimulus guru, peserta didik mengajukan pertanyaan seputar kegiatan pengamatan
Mengexplorasi
Secara berkelompokPeserta didikmemperagakan macam-macam jual beli

c.       Mengasosiasi
Masing-masing kelompok mengidentifikasi fenomena jual beli yang berlaku di masyarakat dengan jual beli menurut Islam

d.      Mengkomunikasi
Masing-masing kelompok menempelkan hasil identifikasinya

e.       Penutup
-    meminta salah seorang siswa membuat kesimpulan pertemuan hari itu
-    guru memberi pesan moral terkait dengan penanaman sikap KI-1 dan kI-2
7.        PENILAIAN
1.      Tes tulis bentuk uraian (terlampir

                                                                                                       Sorong,   Juli 2017
       Kepala MTsN Model Sorong,                                             Guru Mata Pelajaran,



       Drs. H. Arafai, M. Pd.i                                                         Dra. Ica Siti Aisahi
             NIP.196409111997031001                                                    NIP. 197103101997032001































Lampiran:

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
a.    Jelaskan pengertian jual beli!
b.    Jelaskan hukum jual beli!
c.    Jelaskan syarat dan rukun jual beli!
d.    Sebutkan macam-macam jual beli!
e.    Berikan contoh macam-macam jual beli yang berlaku di masyarakat!

Penskoran:
skor3 jika jawaban sesuai dengan kunci jawaban
skor 2 jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban
skor 1 jika jawaban tidak tepat/tidak menjawab

                   skor perolehan
       nilai = ------------------------- x 4
                   skor maksimal

2.      Instrumen Unjuk Kerja:
Namasiswa
Aspekpenilaian
Kerjasama
Partisipasi/kontribusi
Presentasi
Total skor















Penskoran:
skor 3 jika sangataktif
skor 2 jika kurangaktif
skor 1 jika tidakaktif

Skor Perolehan
       Nilai = ------------------------- x 100 %=
                   Skor Maksimal

3.      LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP SPIRITUAL
NO
PERNYATAAN
Selalu
Kadang-kadang
TIDAK
1
Saya meyakinibahwaaturanjualbelidalamIslam adalahmutlakbenar



2
Saya selalumerenungkankebenaranjualbelidalamislam



3
Saya selalumenjalankanjualbelidalam Islam



4
Saya merasakanmanfaat/hikmahmelaksanakanjualbelidalamIslam



5
Saya selalubersyukurdapatmelakasanakanjualbelidalamIslam




Penskoran:
skor 2 jika  dijawab selalu
skor 1 jika  dijawab kadang-kadang
skor0 jika dijawabtidak

Skor Perolehan
       Nilai = ------------------------- x 4=
                   Skor Maksimal

4.      LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP SOSIAL
NO
PERNYATAAN
Selalu
Kadang-kadang
TIDAK
1
Saya mengajak orang lain untuk melaksanakan jual beli dalam Islam



2
Saya bertanya hal-hal yang berkaitan dengan materi jualbeli kepada teman-teman



3
Saya menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan materi jual beli kepada teman-teman



4
Saya bertanya kepada selain guru tentanghal-hal yang berhubungan dengan materi jual beli



5
Saya senang jika dapat melaksanakan jual beli dalam Islam karena dapat bermanfaat untuk orang lain



Penskoran:
skor 2 jika  dijawab selalu
skor 1 jika  dijawab kadang-kadang
skor0 jika dijawabtidak

Skor Perolehan
       Nilai = ------------------------- x 4=
                   Skor Maksimal



                                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar